Selasa, 29 Desember 2015

KWARCAB MEMPAWAH TERGIAT I SE KALIMANTAN BARAT PERIODE 2010 - 2015

Ketua Kwarcab Mempawah, Rahmad Satria (kanan), bersama Ketua Kwarda Kalbar, Suryadi (tengah) usai menerima penghargaan Kwarcab Tergiat 1 se Kalbar

Prestasi membanggakan ditorehkan pramuka Kabupaten Mempawah. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka baru saja dianugerahi Kwarcab Tergiat I Se Kalimantan Barat oleh Kwartir Daerah (Kwarda). Anugerah lima tahunan ini diserahkan Ketua Kwarda Kalbar, Drs. H. Suryadi, kepada Ketua Kwarcab Mempawah, H. Rahmad Satria, SH, MH, di Hotel Borneo Pontianak, Jumat (11/12).
Kepada para wartawan, Rahmad Satria, mengaku bersyukur, Kwarcab Kabupaten Mempawah untuk kali pertama berhasil meraih predikat terbaik di kategori Kwarcab Tergiat I dari Kwarda Kalbar. Berdasarkan hasil penilaian langsung tim penilai dari Kwarda, Kwarcab Mempawah mendapat poin tertinggi dibanding Kwarcab Sambas, Sekadau dan Sintang, yang secara berurutan meraih juara II-IV.
“Prestasi yang kita raih ini tidak gampang dan tidaklah instan. Butuh lima tahun persiapan sehingga Anugerah Kwarcab Tergiat I se Kalbar berhasil kita raih. Penilaiannya juga tidak main-main tetapi dilakukan tim penilai Kwarda secara ketat,” katanya usai acara syukuran atas keberhasilan Kwarcab Mempawah meraih predikat Tergiat I, di Sekretariat Kwarcab Mempawah, Senin (14/12).

Adapun aspek yang dinilai Kwarda, ungkap Rahmad, diantaranya ketersediaan gedung sekretariat berikut kelengkapannya seperti barang inventaris maupun ruangan ketua, tata usaha, pelatih, serta ruangan lainnya. “Kemudian tata kelola administrasi baik surat-menyurat maupun pelaporan keuangan juga tak luput dari penilaian,” ujar dia.
Selain itu, tambah Rahmad, tim penilai yang beranggotakan 12 orang itu juga menilai keaktifan Kwarcab Mempawah selama lima tahun terakhir, terutama menyangkut pelaksanaan kegiatan kepramukaan seperti Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KMLP), serta Kursus Pelatih Dasar atau KPD.
“Khusus KPD, kita sudah melaksanakannya selama dua kali. Dan KPD ini tidak setiap daerah bisa melaksanakannya. Biasanya hanya dilaksanakan di tingkat Kwarda, tetapi kita membuktikan bahwa Kwarcab Mempawah mampu melakukannya,” jelas Rahmad.
Terkait keberhasilan ini, Rahmad menilai tak terlepas dari dukungan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Mempawah, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mempawah, Drs. H. Zulkifli Salim, M.Si, jajaran Kwartir Ranting (Kwarran), pelatih pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat) Kwarcab Mempawah, serta instruktur satuan karya atau saka.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Mabicab, Kadisdikpora, seluruh jajaran Kwarcab, Kwarran, pembina dan masyarakat. Tanpa dukungan seluruh elemen tersebut, maka kita tidak akan bisa meraih predikat Kwarcab Tergiat I se Kalbar,” pungkas dia

0 comments:

Posting Komentar